FGD Sensory Test Kopi Hijau

Written by Super User on . Posted in Kegiatan

Pengembangan produk merupakan salah satu langkah atau strategi dalam mengembangkan bisnis. Produk existing atau yang telah beredar dipasar akan terus mendapatkan tekanan dari para competitor yang memasukkan produk baru, oleh karena itu penting bagi sebuah pengusaha bisnis untuk memikirkan kelangsungan bisnis dengan terus mengedepankan inovasi pada produk mereka. Sehingga mereka mampu bertahan pada persaingan bisnis yang ada di pasar.

Tiara Farm merupakan salah satu tenant Balai Inkubator Teknologi yang mengangkat sebuah produk kopi hijau, dengan merel dagang Kopi Hijau Gayi Tiara Farm. Tenant ingin mengembangkan bisnis dengan melebarkan pangsa pasar atau segmentasi yang berbeda dari produk sebelumnya, yaitu rencana masuk ke pasar kategori low income. Rencana tersebut direalisasikan oleh Tiara Farm dengan mengembangkan produk sachet kopi hijau untuk memenuhi pasar low income. Dalam pelaksanaannya, Tiara Farm membutuhkan pendampingan incubator BIT dalam melakukan pengembangan produk mereka.

Pengembangan produk tersebut adalah dengan merubah segmen kopi hijau untuk kategori kesehatan menjadi kopi sachet untuk kategori minuman kopi. Pengembangan produk sekaligus sebagai jawaban atas permintaan pasar yang menginginkan kopi hijau murah. Terdapat tiga varian rasa pengembangan produk kopi hijau Tiara Farm, yaitu kopi hijau sachet rasa cappuccino, jahe, dan jahe cappuccino. Varian kopi hijau diberikan merek dagang ‘Go Go Mix’. Dalam formulasi produk, diperlukan masukan atas tingkat penerimaan pasar terhadap produk tersebut.
BIT sebagai incubator bisnis pendamping, melakukan pendampingan terhadap pengujian produk hasil pengembangan formula dari tenant BIT. Yaitu, dengan melakukan uji sensori terhadap ketiga produk sachet Tiara Farm sebagai acuan tingkat penerimaan pasar. Banyak jenis metode uji sensori yang dapat dilakukan dengan tujuan yang berbeda beda. Kali ini, uji sensori dilakukan dalam rangka pengembangan produk dimana bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan pasar atas produk baru kopi sachet tiara farm dengan merek dagang ‘Go Go Mix’, sehingga dapat dilakukan dengan uji tingkat kesukaan.

Pengujian dilakukan di Laboratorium Sensori Teknologi Agroindustri BPPT terhadap 30 panelis dengan menggunakan uji tingkat kesukaan. Masing masing panelis sensori diminta untuk memberikan skala nilai kesukaan terhadap masing masing sample produk dengan tidak membandingkan antar sampel. Terdapat beberapa parameter yang harus dinilai dalam masing masing sampel, seperti parameter tingkat kemanisan, aroma, warna, rasa secara keseluruhan dll. Dari masing masing parameter tersebutlah nantinya formulator akan mendapatkan input untuk melakukan perbaikan formulasi.

Hasil pengujian sensori terhadap 30 panelis memperlihatkan bahwa produk kopi sachet ‘Go Go Mix’ masih membutuhkan perbaikan terhadap parameter warna dan aroma. Perbaikan diperlukan terhadap ketiga varian rasa ‘Go Go Mix’.

 

 

 

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes