Technopreneurship Camp 2016

Written by Super User on . Posted in Kegiatan

Balai Inkubator Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BIT-BPPT)  dan Technology Business Incubation Center Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (TBIC-RISTEKDIKTI) menyelenggarakan Technopreneurship Camp 2016 bertempat di gedung TBIC Kawasan PUSPIPTEK Gunung Sindur Bogor pada tanggal 19-21 April 2016. Kegiatan ini merupakan kerjasama inkubasi bisnis berbasis teknologi untuk memberikan pelatihan dan seleksi wirausaha bisnis berbasis teknologi bagi masyarakat dalam rangka mendorong tumbuhnya "technopreneur" (pengusaha berbasis teknologi).

Sebagai tahap awal BIT dan TBIC menyelenggarakan workshop ini dengan peserta dari masyarakat umum dan mahasiswa. Peserta di undang setelah memasukan proposal rencana bisnis kepada BPPT melalui website BIT dan TBIC yang dibuka dari bulan pertengahan bula Mei. Terdapat 126 proposal rencana bisnis yang masuk, sedangkan peserta yang yang diundang sebanyak 100 orang dari sekitar 50 proposal yang lulus seleksi di tahap awal.

Dari 50 proposal rencana bisnis itu nantinya akan diseleksi kembali untuk dipilih sekitar 25 proposal untuk menjadi peserta yang akan mempresentasikan proposal bisnisnya di hadapan para Juri. Akan dipilih 3 pemenang proposal bisnis inovatif yang akan berkesempatan untuk diinkubasi oleh Balai Inkubator Teknologi BPPT tahun 2016.

Kriteria seleksi meliputi solusi permasalahan, produk, kapasitas calon technopreneur, proyek bisnis, serta Hak Kekayaan Intelektual dan sertifikasinya. Peserta sebagian besar merupakan pemula dibidang bisnis serta masih rendah dalam menggunakan teknologi. Namun mereka memiliki ide yang bagus untuk dikembangkan maka melalui inkubasi ini akan diberikan bimbingan sampai akhirnya ide tersebut dapat direalisasikan.

Di hari pertama acara dibuka oleh pejabat Deputi Kepala BPPT bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, Tatang Akhmad Taufik, Kepala Puspiptek Sri Setiawati dan Ketua Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia Marzan A. Iskandar. Setelahnya peserta diberikan pelatihan oleh Kepala BIT dan TBIC dan juga dari Inkubator Institut Pertanian Bogor.

Di hari kedua pada pagi harinya peserta dibekali sharing pengalaman dan success story dari pelaku bisnis yang sudah eksisting yakni Founder Norlive Indonesia Irma Wulansari dan Founder Fishery.com Milian Ikhsan. Setelah ISHOMA dilanjutkan paparan proposal bisnis di hadapan para Juri 25 proposal yang lulus seleksi.

Di hari terakhir acara sebelum pengumuman pemenang proposal bisnis inovatif peserta diberikan pengenalan metode Lean StartUp untuk memvalidasi ide bisnisnya sebelum memasuki masa inkubasi.

Pemenang Workshop Technopreneurship Camp 2016 3 dari 126 proposal yang masuk yakni :
Juara 1 Mobisha Innovation Tower
Juara 2 Beras Analog
Juara 3 DOZONE

 

 

 

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes