FGD Pra Inkubasi 2017

Written by Teguh DC on . Posted in Kegiatan

Balai Inkubator Teknologi – BPPT mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pra Inkubasi dalam rangka mempersiapkan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) pada tanggal 9 – 10 Mei 2017 di ruang rapat Gedung 410 Balai Inkubator Teknologi Kawasan PUSPIPTEK Tangerang Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang tenant tentang profil dari Balai Inkubator Teknologi dan proses inkubasi yang dilaksanakan di BIT. Selain itu juga dilakukan pelatihan peningkatan kapasitas tenant dalam menyajikan laporan keuangan.

Kegiatan FGD hari pertama dibuka oleh Kepala Balai Inkubator Teknologi Bapak Dr. Ir. Anugerah Widiyanto, B.Sc, M.Eng. dalam pembukaannya Kepala BIT menyampaikan selamat kepada para tenant yang masuk ke pendanaan program IBT, dan BIT mendapatkan anggaran inkubasi untuk 16 tenant.  Kepala BIT juga menjelaskan bahwa kegiatan entrepreneurship/Technopreneurship menjadi prioritas program Bapak Presiden Joko Widodo melalui Nawacita.

Pada FGD hari pertama dilaksanakan pemaparan materi tentang profil Balai Inkubator Teknologi, Proses Inkubasi Bisnis Teknologi, Business Model Canvas (BMC) dan Business Plan serta roadmap pengembangan bisnis tenant dan Action Plan. Setelah pemaparan materi dilaksanakan sesi diskusi dan pendampingan penyusunan dokumen tersebut.

Pada FGD hari kedua diisi materi untuk peningkatan kapasitas tenant dalam menyusun laporan keuangan perusahaan. Materi dibawakan oleh Akhalik, SE, Ak, M.Si, M.Ak. yang merupakan praktisi dalam bidang akuntansi dan keuangan. Materi yang disampaikan antara lain: pengertian dan persamaan akuntansi, praktek memasukkan data transaksi akuntansi untuk industri pangan dan manufaktur, accrual basis, penyesuian dan laporan keuangan lengkap. Acara hari kedua ini bersifat praktek  dan interaktif antara narasumber dan tenant yang diharapkan tenant dapat mengerti dan langsung praktek untuk membuat laporan keuangan perusahaan mereka. Selain pemaparan tentang materi laporan keuangan juga diisi dengan sesi sharing knowledge kegiatan inkubasi yang dilakukan oleh salah satu tenant pasca inkubas PT Nano Herbal Indonesia yang memberikan penjelasan tentang kegiatan inkubasinya dan perkembangan bisnisnya. (tdc)

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes