FOCUS GROUP DISSCUSSION HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Written by Super User on . Posted in Kegiatan

Menindaklanjuti rencana pendaftaran Kekayaan Intelektual produk-produk inovasi, tim pendampingan Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) Tahun 2017, BIT-BPPT mengadakan Focus Group Disscussion Hak Kekayaan Intelektual. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi tenant untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Konsultan HKI. Dalam kesempatan tersebut, BIT-BPPT mengundang Cut Dian Purnama, S.H., seorang Konsultan di bidang HKI dari Dian Noer Law Office yang telah terdaftar pada DJKI Kemenkumham dan sudah memiliki pengalaman dalam melakukan pendaftaran Kekayaan Intelektual.
Kepala BIT, Dr. Ir. Anugerah Widiyanto, M.Eng., membuka acara dan memberikan sambutannya kepada peserta yang hadir. Sebelumnya, belum banyak tenant yang mengapresiasi kebijakan mengenai Kekayaan Intelektual. Kebijakan KI dianggap menyulitkan dan tidak terlalu memberikan dampak yang menguntungkan pengusaha. Hal inilah yang menjadi alasan betapa lambatnya perkembangan KI di Indonesia. Berlatar belakang fakta inilah, BIT selaku inkubator pendamping, berusaha meningkatkan kesadaran tenant atas pentingnya perlindungan bagi produk yang akan dikomersialkan.
Setelah beberapa waktu lalu BIT bekerjasama dengan Technology Business Innovation Center (TBIC) mengadakan workshop HKI dengan mengundang personil senior dari DJKI Kemenkumham untuk memaparkan secara umum mengenai KI, barulah beberapa tenant menyatakan diri berencana untuk mendaftarkan KI bagi produknya. Beberapa tenant tersebut adalah tenant untuk produk CPI Oily Water, Drone Submarine, Valex Folifix, Biomagg, Mikrotek, Agrotek, Black Garlic, Bitumen Nano, dan Beras Singkong. Termasuk menjadi peserta pada hari ini adalah calon peserta inkubasi untuk tahun 2018, produk Simulator Bisnis.
Kesempatan berkonsultasi secara langsung dimanfaatkan dengan baik oleh tenant peserta FGD HKI pada hari ini, Kamis, 26 Oktober 2017. Mengingat rezim seperti Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu belum pernah dilakukan pendaftaran dan tidak ada tenant peserta inkubasi yang berniat mendaftarkan produknya pada rezim tersebut, rezim KI yang fokus dibahas adalah Hak Cipta, Desain Industri, Merek, dan Paten. Valex Folifix dan Pustek pelaku usaha bidang teknologi CPI Oily Water merupakan dua dari beberapa tenant yang secara pasti akan melanjutkan diskusi dengan konsultan KI untuk memenuhi prosedur pendaftaran KI bagi produknya.

 

 

 

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes