KNOWLEGDE SHARING PENYUSUNAN MODEL BISNIS CANVAS DENGAN TIM TECHNOPARK KOTA PERIKANAN

Written by Teguh DC on . Posted in Kegiatan

Business Model Canvas (BMC) adalah salah satu alat untuk menggambarkan bisnis secara lengkap dalam satu lembar canvas.  Canvas Ini membantu perusahaan dalam menyelaraskan kegiatan bisnis mereka dengan memaksimalkan  potensi sumber daya yang dimiliki, stake holder yang terlibat dan cara menjamin agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan tujuannya.

Selain penting bagi perusahaan, Business model canvas juga cocok diterapkan pada institusi public seperti instansi pemerintah, yayasan nirlaba, dan komunitas – komunitas yang selalu menuntut peningkatan kinerja yang berkelanjutan.  BPPT melaui Kepala BPPT, Dr. Hammam Riza juga menginstruksikan agar setiap unit dan program juga mendesain Business model canvas nya. 

Balai Inkubator Teknologi sebagai unit kerja yang bertugas melahirkan perusahaan-perusahaan baru sudah sejak lama memiliki kompetensi dalam menyusun Business Plan dan Business Model Canvas (BMC) bagi para tenant yang dibinanya. Biasanya pada tahap pra inkubasi para calon start up diajarkan cara menyusun Business Model Canvas dan cara mempresentasikannya dalam forum-forum temu bisnis yang sering dilakukan oleh BIT.

Oleh karena itu tim BIT – BPPT pada tanggal 14 Februari melakukan Knowledge Sharing Penyusunan Business Model Canvas kepada tim Program Techno Park Perikanan Kota Pekalongan. Acara dilaksanakan di Gedung 720 Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi Puspiptek selama satu hari penuh. Peserta berasal dari Tim Perekayasa TP Pekalongan dari Kepala program sampai dengan para Engineering staff. Selain itu juga para staff dari Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi yang tertarik dengan materi BMC. Tim Balai Inkubator yang memberikan paparan adalah, Moh Hamdani, Indra Rusyadi dan Harsvella.

 

Pada sesi penutup, Drs. Dharmawan, MS. Kepala Program TP Pekalongan menyampaikan terima kasih dan menilai bahwa BMC memang penting untuk diterapkan di program TP Pekalongan dan akan menindak-lanjuti secara teknis serta menyempurnakan BMC yang telah dibuat selama kegiatan Knowledge sharing ini. (ch)

 

 

 

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes