BIT Menerima Kunjungan dari AIST dan Mitsubishi Chemical Research

Written by Teguh DC on . Posted in Kegiatan

Tangerang Selatan (14/03/2019) - Balai Inkubator Teknologi (BIT) menerima kunjungan dari pihak National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) yang diwakili oleh Dr. Kinya Sakanishi dan Mitsubishi Chemical Research yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Masayuki Otake. Kedatangan pihak Jepang ini memiliki tujuan untuk berdiskusi mengenai potensi kolaborasi terkait sustainable biomass refinery dan biofuels production di ASIA, terutama Indonesia dan Jepang. Hal ini berawal dari proyek e-Asia yang diikuti oleh Kepala Balai Inkubator Teknologi, Dr. Ir. Anugerah Widiyanto, B.Sc., M.Eng. Proyek e-Asia ini merumuskan dan mendukung proyek-proyek penelitian bersama internasional di Wilayah Asia Timur berdasarkan multilateral serta mempromosikan interaksi peneliti melalui lokakarya, dll. Proyek penelitian yang diikuti oleh Kepala BIT adalah mengenai biomass dan selepas proyek penelitian tersebut selesai, pihak Jepang ingin melakukan tindak lanjut dengan melihat kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Kepala BIT dan BPPT sebagai instansi yang membawahi BIT terkait dengan biomass.

 

BIT menjadi host pada kedatangan ini dan memfasilitasi kunjungan pihak Jepang ke unit-unit strategi terkait biomass. Kunjungan dimulai dari 13 Maret 2019 sampai dengan 14 Maret 2019. Pada 13 Maret 2019, kunjungan dimulai dengan melakukan meeting dengan Balai Inkubator Teknologi. Dalam pertemuan ini dibahas mengenai program inkubasi bisnis teknologi yang dilakukan oleh BIT dan tenant-tenant binaan terkait dengan biomass. Selanjutnya, tim AIST dan Mitsubishi Chemical Research diarahkan mengunjungi Pusat Teknologi Sumber Daya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK) yang dikoordinasi oleh Dr. Ir. Erlan Rosyadi, M. Eng. Untuk melihat penelitian dan pengembangan terkait biomass.

Kunjungan pada tanggal 13 Maret 2019 berakhir di Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Desain (BTBRD) yang dikoordinasi oleh Ir. Agus Kismanto. Di dalam kunjungan ini lebih dibahas mengenai kegiatan pelayanan teknologi bahan bakar yang telah dilakukan BTBRD. Pada hari selanjutnya,14 Maret 2019, Pihak AIST dan Mitsubishi Chemical Research diajak melakukan diskusi dan kunjungan ke Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE). Materi diskusi pada kesempatan ini seputar pelayanan, program, pengujian, penerapan, serta penyebarluasan teknologi di bidang kelistrikan dan konversi energi. Kunjungan diakhiri dengan pengenalan beberapa laboratorium yang ada di B2TKE, seperti Laboratorium Pengujian Emisi, Laboratorium Pengujian Pemanas Air Tenaga Surya dan Laboratorium Pengujian Komponen dan Sistem Fotovoltaik. Berakhirnya kunjungan ke BPPT diharapkan dapat mengawali kerjasama di masa depan, baik dari segi riset maupun pengembangan karena Jepang terutama AIST dan Mitsubishi Chemical Research berpendapat bahwa Indonesia merupakan tempat yang sangat potensial dalam pengolahan dan pengembangan biomass sebagai energi terbarukan, terutama dengan ilmu, teknologi maupun tenaga ahli dari BPPT (vz)

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes