Kunjungan BIT Ke Kantor BI Banten

Written by Super User on . Posted in Kegiatan

(Serang Banten, 13 Mei 2019) - Tim Balai Inkubator Teknologi BPPT mengunjungi kantor Bank Indonesia Provinsi Banten (BI Banten)guna membicarakan kerjasama untuk persiapan bimbingan teknologi pembuatan sabun mandi dan shampo untuk pondok pesantren binaan BI Banten dalam rangka menumbuhkembangkan kewirausahaan di lingkungan pondok pesantren.
BIT BPPT mendukung penuh atas inisiasi Bank Indonesia dalam mendorong pesantren di tanah air bisa mandiri secara ekonomi. Sebab, menurutnya pesantren punya basis arus ekonomi yang kuat. Kemandirian ekonomi tersebut didasari oleh kekuatan pesantren sebagai basis arus ekonomi Indonesia yaitu, SDM pesantren yang memiliki jumlah dan ikatan komunitas yang kuat, sehingga memiliki potensi sebagai sumber permintaan dan produksi berbagai kegiatan ekonomi.
BI sendiri mempunyai tiga program pengembangan kemandirian ekonomi pesantren untuk mendukung pesantren sebagai basis arus ekonomi Indonesia. Pertama, pengembangan berbagai unit usaha berpotensi yang memanfaatkan kerjasama antar pesantren. Kedua, mendorong terjalinnya kerjasama bisnis antar pesantren melalui penyediaan virtual market produk usaha pesantren sekaligus business matching. Ketiga, pengembangan holding pesantren dan penyusunan standarisasi laporan keuangan yang dapat digunakan oleh setiap unit usaha pesantren.
Ketiga program tersebut merupakan wujud dari pilar pertama dari tiga strategi utama Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah Nasional yaitu pemberdayaan ekonomi syariah melalui pengembangan ekosistem rantai nilai halal.
Indonesia memiliki lembaga pesantren yang merupakan sebuah keunikan dan keunggulan dibandingkan negara lain dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, yaitu tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan namun memiliki potensi untuk dimanfaatakan dalam mencapai kemandirian ekonomi.
Dengan kekuatan tersebut, kunci kemandirian pesantren adalah pada pendirian unit usaha dan komunikasi bisnis antar pesantren untuk pemenuhan kebutuhan dan pembinaan khususnya dari pesantren yang maju kepada yang sedang berkembang, sebagaimana terwujud dalam program kemandirian yang dijalankan.
Sebagai salah satu tindakan nyata, BI Banten berkolaborasi dengan BIT BPPT untuk mendampingi binaan pondok pesantren yang ada di Provinsi Banten untuk menjadikan pesantren yang mandiri untuk mencapai kemandirian ekonomi. (TRIBUNNEWS.COM/SYAHRIZAL)

 

 

 

Visit lbetting.co.uk how to sing-up at ladbrokes